Informasi & Sejarah Perkembangan iOS Apple

iOS adalah singkatan dari iPhone OS (operating system), sebuah sistem operasi yang diciptakan Apple untuk dijalankan di smartphone mereka (iPhone). Namun dengan semakin berkembangnya seri iOS, maka kini OS itu sudah bisa berjalan di iPod, iPad, bahkan Apple TV.


iOS sendiri adalah turunan dari MacOS (sistem operasi komputer dari Apple), yang memang hanya dikhususkan untuk produk dari Apple saja. Hal ini berbeda dengan Windows Phone, Android, ataupun Symbian yang bisa digunakan untuk perangkat keras lainnya.

iOS pertama kali dirilis dan dipasangakan ke smartphone pada tahun 2007, pada awal peluncurannya di Amerika, terjadi antrian panjang para pembeli yang ingin mendapatkan smartphone Apple dengan sistem operasi terbaru ini.

Lalu iOS terus dikembangkan dari waktu ke waktu, mulai dari seri pertama hingga iOS 8 di tahun 2014 yang lalu. Beberapa waktu yang lalu pihak Apple juga mengumumkan 9 terbaru meraka, mungkin sebentar lagi akan muncul iOS 10 untuk menyaingi Android terbaru (android Nougat). Persaingan 2 OS ini memang yang paling panas, apalagi dengan kemunduran Symbian, blackberry, bahkan windows phone.

iOS sebenarnya hampir sama seperti OS lain semacam Androd, hanya saja fitur di dalamnya terbilang sangat aman dari serangan virus atau mallware merugikan, yah kalau bicara soal keamanan sistem maka iOS berada di tingkat pertama. Namun dalam pelayanan aplikasi, nyatanya iOS masih kalah dengan Android yang memiliki jutaan aplikasi gratis dan berbayar di Playstore, walau di Appstore juga ada aplikasi yang bisa diunduh oleh para penggunanya.

Sejak jaman dulu, Apple merupaka perusahaan teknologi yang memiliki idealisme yang sangat kuat, terbukti mereka bisa bersaing dengan Windows (microsoft) dalam hal OS komputer, dan kini mereka juga bersaing keras dengan android (Google) dalam OS smartphone, dan yang saya salut dari Apple adalah mereka tetap pada pendiriannya untuk menyediakan produk mereka yang cuma bisa diapakai dalam perangkat keras mereka sendiri, tidak seperti Windows atau android yang bisa dipakai oleh banyak produsen perangkat keras di dunia.

Belum ada Komentar untuk "Informasi & Sejarah Perkembangan iOS Apple"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel