Perbandingan OS Android, iOS, Windows Phone, dan Blackberry

Perbandingan OS Android, iOS, Windows Phone, dan Blackberry | Masing-masing smartphone memiliki Operating System sendiri yang diusungnya, dan 4 OS yang paling terkenal saat ini adalah Android dari Google, iOS dari Apple, Windows Phone dari Microsoft, dan Blackberry dari RIM.


Untuk sekedar informasi, masing-masing OS ini memiliki beberapa perbedaan yang bisa kita bandingkan, dan dengan informasi ini kita bisa memilih platform yang tepat untuk kebutuhan kita.

Android
Android adalah sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan internet raksasa Google yang diluncurkan pada 2007. Hanya beberapa tahun saja, Android sudah menguasai pasar smartphone, OS ini bersifat Open Source sehingga bisa digunakan diperangkat gadget lainnya selain di perangkat smartphone. Android memiliki banyak aplikasi-aplikasi pilihan yang bisa diunduh di Play Store.

iOS
iOS adalah OS yang diciptakan oleh perusahaan Apple yang hanya bisa digunakan pada perangkat Apple saja dan tidak bersifat Open Source. Aplikasi-aplikasi yang tersedia di iOS tersedia di iOS AppStore memiliki keamanan dari virus yang lebih baik dibandingkan dengan Android.

Windows Phone
Windows Phone dikembangkan oleh Microsoft untuk menyaingi kepopuleran Android namun masih kalah populer oleh Android. Smartphone yang menggunakan OS ini adalah Nokia Lumia, HTC dan Lenovo. Aplikasi yang tersedia masih sedikit dan kalah jika dibandingkan Android maupun iOS.

Blackberry
OS BlackBerry dikembangkan oleh perusahaan Research In Motion (RIM) yang berada di Kanada. OS ini digunakan hanya pada produk BlackBerry saja seperti iOS. Keunggulan dari BB mungkin hanyalah aplikasi chatting BlackBerry Messenger (BBM) yang pada akhirnya bisa digunakan di OS lainnya juga.

Perbandingan OS dari beberapa segi :
  • Dari segi harga di pasaran Android yang paling unggul disusul windows phone, iOS, dan BB
  • Dari segi Aplikasi Android juga yang paling lengkap, nomor 2 iOS, dan kedua OS lain tertinggal jauh
  • Dari Segi tampilan antarmuka, masih android dan iOS yang berada di posisi atas
  • Dari segi keamanan, iOS lebih unggul dibandingkan yang lainnya
  • Dari segi prestige, iOS dan BB unggul karena hanya digunakan untuk produknya sendiri
Itulah sedikit informasi tentang Perbandingan OS Android, iOS, Windows Phone, dan Blackberry yang semoga bisa meberikan informasi kepada anda dalam memilih platform OS untuk ponsel pintar yang akan anda pilih.

Belum ada Komentar untuk "Perbandingan OS Android, iOS, Windows Phone, dan Blackberry"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel