Persiapan Lengkap Membuka Counter

Di sini saya menuliskan apa saja yang diperlukan untuk persiapan membuka counter dengan lengkap, kenapa harus lengkap? Karena kita akan memulai bisnis besar dengan modal besar dan keuntungan yang besar. Lupakan kata-kata "modal kecil, hasil besar"!

Setelah selesai membaca penjelasan tentang bisnis cellular dan macamnya, kini saatnya untuk mempersiapkan segala hal untuk membuka usaha ini, apa saja yang harus dipersiapkan?

1. Tempat Usaha

Jangan berfikiran untuk membuka usaha penjualan pulsa tanpa tempat, kenapa? Karena dari pengalaman saya, banyak pengusaha pulsa tanpa tempat yang sekarang sudah bangkrut! Hal itu karena mereka menganggap usahanya hanya usaha sampingan dan ketika mulai mengalami penurunan maka mereka meninggalkannya. 

Tempat usaha sangat penting, karena dengan adanya tempat usaha ini, maka orang lebih mengenal dan menghargai usaha anda, mereka akan menganggap anda seorang yang serius dan bisa diandalkan untuk menjadi langganannya.

Jika anda tidak memiliki tempat di keramaian, syukuri saja tempat yang ada, yang penting usahakan tempat usaha anda ada di pinggir jalan raya agar nantinya mudah ditemukan pelanggan. Kualitas tempat bisa anda maksimalkan sendiri, usahakan tempatnya rapi, bersih, nyaman, dan aman. Cat dindingnya dengan warna yang cerah, atau anda bisa minta kepada agen pulsa untuk menjadi sponsor di tempat anda.

2. Perlengkapan Counter

Perlengkapan counter yang harus anda persiapkan diantaranya adalah :
  • Etalase, biasanya berukuran 1x2 meter, namun anda bisa menyesuaikan ukuran dengan counter anda.
  • Rak Casing, ram kawat dan gatungan untuk tempat casing dan aksesoris lainnya agar terlihat rapi dan menjual.
  • Kursi dan Meja, ini digunakan untuk anda sebagai penjual agar terlihat lebih profesional, saran saya jangan ada tikar di tempat anda karena nantinya digunakan untuk tiduran , dan jika sebuah tempat jualan dipakai untuk tiduran maka kesannya tidak enak.
  • Lampu, gunakan lampu yang cerah agar barang jualan anda terlihat menarik, jangan lupa menyediakan lampu hias untuk menarik perhatian pengunjung.
  • Lainnya, untuk tambahan lainnya anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan tempat anda.

3. Produk

Untuk mempersiapkan produk yang akan anda jual, dari awal saya sarankan anda untuk melengkapi tempat jualan anda dengan produk yang sudah saya tuliskan sebelumnya (Apa itu bisnis cellular?), jangan setengah-setengah karena ketika anda memulai usaha maka lakukanlah dengan total agar hasilnya maksimal.

Cari agen pulsa di daerah anda, agen pulsa Telkomsel, Indosat, XL, 3, dan lainnya sebaiknya anda langsung menghubungi agen resminya karena menurut saya pelayanan agen tersebut bagus dan tentu saja harganya lebih murah, anda juga bisa mendapatkan kartu perdana dari para agen tersebut dengan harga yang murah dan stok yang lengkap. Anda juga perlu mencari agen pulsa multi operator untuk mengisi pulsa lain ataupun mengisi pulsa token listrik, usahakan anda mendapatkan agen yang bagus (cepat, murah, full service).

Cari juga agen Handphone terpercaya, sediakan seri HP terbaru dari yang murah hingga yang mahal, jangan lupa menyediakan seri handphone bekas (second) yang masih bagus. Lengkapi aksesoris handphone anda, mulai dari casing, baterai, charger, dan lain sebagainya.

Untuk persiapan service HP, sebaiknya anda mencari seorang ahli dan ajak kerjasama, jika ada yang service HP anda bisa menyerahkannya kepada tukang service anda, dan anda masih mendapat keuntungan dari perbedaan harga service (jadi gak perlu bisa service HP buat menerima service HP).
4. Promosi

Setelah persiapan lengkap, mulailah membuka usaha anda dan hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan promosi usaha anda. Mulailah dengan lingkungan sekitar anda, teman-teman anda, dan siapa saja yang anda kenal. Promosi ini bisa dilakukan langsung ataupun melalui media online seperti sms, telepon, bbm, fb, twitter, dan lain sebagainya. Jangan lupa mempersiapkan spanduk khusus untuk lapak jualan anda.
Targetkan dalam satu minggu promosi ada 100 orang pelanggan yang datang ke tempat anda dan usahakan mereka membeli barang dagangan anda. Jangan lupa untuk memberikan harga promosi, contohnya jika di tempat lain menjual pulsa dengan harga Rp 6.500, 00, maka usahakan tempat anda menjualnya dengan harga Rp 6.000, 00. Jangan memikirkan keuntungan dulu, dalam tahap ini yang terpenting adalah usaha anda bisa dikenal oleh orang lain.
5. Belajar

Tahap terakhir setelah anda membuka usaha anda sendiri adalah belajar, belajar untuk mempertahankan usaha anda agar terus berjalan dan bahkan maju, belajar untuk menangani kesulitan dalam menjalankan usaha, belajar menangani pelanggan, belajar mencari mitra, belajar untuk mencari keuntungan yang lebih banyak lagi, semua ada ilmunya dan tentu saja ada pembimbing yang harus anda cari.

Belajar ilmu manajemen, catat keuangan dan penjualan anda, catat semua stok barang anda, semua transaksi harus ada catatannya agar nantinya bisnis anda menjadi lebih teratur.


Itulah sedikit informasi yang bisa Bisniss-pulsa berikan untuk persiapan membuka usaha anda, sebuah counter yang lengkap dan siap memberikan penghasilan kepada anda setiap harinya. Targetnya dalam 3 bulan usaha ini sudah menghasilkan uang untuk anda, namun saya sarankan agar anda menyisakan keuntungan anda untuk kemajuan usaha, tidak usah banyak-banyak cukup 10-20% saja setiap bulannya.

Ada pepatah yang mengatakan "membuka usaha itu mudah, mempertahankannya adalah sebuah seni".

Artikel selanjutnya : Daftar produk Pulsa

Belum ada Komentar untuk "Persiapan Lengkap Membuka Counter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel